Sunday, February 28, 2016

Emak-emak VS Bocah SMP (Round 2)

Seorang anak SMP 14 tahun bernama Audrey ditunjuk jadi PJ arisan di OneDayOnePost dan dia misuh-misuh. Kata dia arisan ini urusan emak-emak. Baca keluhannya di sini.

Saya sudah kasih tahu kalau emak-emak itu sibuk. Urusannya banyak. Yang diurus banyak. Tapi tidak ada yang ngurusin si Emak. Jadi, apalah salahnya jika dia saja yang mengurusi arisan ini?

Terus dia ngeluh bahwa dia pun sibuk. Banyak peer, banyak ulangan, banyak try out. Hey, sini-sini Nak emak kasih tahu ya..tapi sungkem dulu *kasih tangan. Emak sudah sebesar ini kamu pikir habis dilahirkan langsung seperti ini? Emak juga melalui masa SD, melalui masa SMP, melalui ulangan dan try out yang banyak juga. Jadi kami ini sudah paham dengan seyakin-yakinnya kesibukan anak SMP itu tidak ada apa-apa nya dibanding kesibukan kami.

Nggak usah melawan deh, soal siapa yang lebih sibuk itu sudah pasti yang paling sibuk emak-emak. Buktinya ilmiah! Berdasarkan pengalaman seluruh emak di muka bumi. Lah anak SMP ngomong dirinya lebih sibuk berdasarkan apa coba? Dia baru merasakan jadi anak SMP, belum pernah merasakan jadi Emak. So, nggak apple to apple gitu lo cin..

Plus, sini deh. Saya kasih tahu susahnya jadi anak SMP di jaman saya. Itu tahun berapa ya? Sebentar saya pikir dulu. 2003. Kamu tahu di jaman itu ada apa? Ya! Belum ada apa-apa! Handphone adalah barang mewah, kartu perdana adalah barang mewah. Handphone nya segede gaban, murni communicator (baca:komuniketer-komunikasi dan senter) yang nggak bisa dipake untuk browsing tugas apalagi stalking gebetan. Nggak bisa! Soalnya waktu itu Mark Zuckerberg masih SMA. Belum kuliah di Harvard dan menemukan Fesbuk.

Warnetpun masih jarang dan kami, anak SMP di jaman itu tidak familiar dengan internet (eh, iya kan ya? Apa cuma saya saja?). Jadi hampir semua yang berhubungan sekolahan (dan gebetan) kami kerjain manual. Tugas ditulis tangan, sumber bacaannya cari di perpustakaan, flirting gebetan pakai surat, suratnya ditulis tangan, dikirim lewat merpati pos, eh lewat teman.

Belum ada selfi-selfian karena gejetnya belum tercipta, jadi satu-satunya foto yang kami punya hanya pas foto hitam putih yang ditempel di rapor. Fotonya itu lagi cemberut soalnya tukang fotonya nggak pakai aba-aba "satu..dua..tiga ...cheese" sebelum ceklekin tombol kamrenya. Kalau sekarang, ada camera 360 yang memeperindah segalanya.

So, kamipun telah melewati masa SMP. Sudah gitu masa SMP nya tidak semudah masa-masa SMP sekarang.

Jadi, sudah paham kan susahnya jadi MAHMUD (mamah muda) kece macam kami. Udah, nggak usah ngeyel! Nanti kami kutuk jadi ikan lele mau? Eh, masih ngeyel juga. Mau nggak masuk surga? Surga di telapal kaki kami loh ( jumawa).

#onedayonepost
#februariMembara.

8 comments:

  1. Di masa smp, saya surat2an sama gebetan pake buku, jadi 1 buku itu di tuker2 buat bales2an, dan bener emang, pak pos nnya adalah merpati, eh salah TEMEN. wkwkwkwk

    ReplyDelete
  2. Di masa smp, saya surat2an sama gebetan pake buku, jadi 1 buku itu di tuker2 buat bales2an, dan bener emang, pak pos nnya adalah merpati, eh salah TEMEN. wkwkwkwk

    ReplyDelete
  3. Hemm, yang namanya anak muda gak ada kata menyerah ....

    Baiklah entah siapa yang akan buat round 3nya, yang penting saya akab buat round 4nya!

    ReplyDelete
  4. Hmm #mengingat masa smp.. Dari rmh naik ojek trus naik angkot 45 menit trus jalan kaki 2 km utk sampe sklh. PP dr senin sampe sabtu, dulu blm ada kamusnya sabtu libur. Blm klo ada lg tugas kelompok, kumpul di kerjain hr mggnya. Tp ya seneng aja, belajar sambil bermain.

    ReplyDelete
  5. Hmm #mengingat masa smp.. Dari rmh naik ojek trus naik angkot 45 menit trus jalan kaki 2 km utk sampe sklh. PP dr senin sampe sabtu, dulu blm ada kamusnya sabtu libur. Blm klo ada lg tugas kelompok, kumpul di kerjain hr mggnya. Tp ya seneng aja, belajar sambil bermain.

    ReplyDelete