Thursday, January 17, 2013

Belajar Dari Menu Hari Ini

tulisan ini dari note fb tanggal 16 Oktober 2010


(maaf untuk tulisan yang agak semena-mena ini...:P)

I love food.....
picture by Google



really love food...

hahahahah..

makanan tidak hanya sekedar bagaimana geraham-geraham mencernanya,, atau ketika lidah melumatnya,, ataupun saat kerongkongan melakukan gerak meremas-remas untuk disalurkan ke lambung..

Makanan tidak hanya sekedar cita rasa yang dikecap di permukaan lidah... manis,, pahit,, asam,,pedas...

Makanan adalah bagaimana kita bisa menarik pelajaran darinya...

Let's begin!!


Menu yang saya makan hari ini adalah :
-sayur pare
- salad buah
- kapurung
- stroberry
- Kripik pisang coklat
- Roti blueberry



Kecaplah Meski Itu Pahit (Sayur Pare)

Teman,, kau tau buah pare... tumbuhan rambat (semoga saya tidak salah) dalam penyebutan orang makassar "Paria". Sungguh pahit di lidah memang... Konon berkhasiat menyembuhkan penyakit MALARIA. Pernahkah kalian melihat buahnya?? ya,, buah berwarna hijau dengan permukaan yang kasar (banyak benjolan kecil di kulit buahnya). Tahukah kalian keajaiban yang dibawa oleh buah pare? Biji dalam buah/ sayur sepahit itu sangatlah manis di lidah.. tidak percaya?? silahkan belah dan cicipi buahnya.. ini nyata dan bukan sekedar lelucon.. lantas.. adakah ilmu pengetahuan yang dapat menjelaskannya?? saya rasa tidak (atau mungkin belum ) ada.. ataukah sudah ada namun saya tidak mengetahuinya?? Yang pasti,, pelajaran yang bisa kita ambil adalah,, untuk segala sesuatu yang pahit dalam hidup ini pasti juga memiliki bagian termanis dan membawa makna yang dapat bermanfaat bagi kita. Layaknya biji pare yang manis dan daging buahnya yang meski pahit namun berkhasiat dan sungguh enak bila disayur.. hihih. so, ma fren... kecaplah meski itu pahit!!


Indahnya Perbedaan (Salad Buah)

Saya sedih dengan segala keterpurukan dan prestasi gelap yang diukir Indonesia di segala bidang. Saya miris dengan masyaraktnya yang konon kabarnya hanya 20% yang termasuk dalam piramida tengah ,, org-org dengan pertumbuhan ekonomi paling cepat di dunia.. 80% sisanya kemana?? ohh,, nyata!! di bawah garis kemiskinan tentu saja!! Tapi dibalik semua hal-hal kelam itu,, saya sangat mencintai Indonesia (siapapun akan mencintai tanah kelahirannya). Tapi kecintaan ini beralasan.. lihat,, hanya di Indonesia kau bisa menemui beragam adat, budaya,, pulau, MAKANAN,, dan (mengutip salah satu kalimat yg pernah ditulis seorang teman) "Hanya di Indonesia kau bisa berwisata dari ujung sabang hingga ujung merauke,, dari pulau satu ke pulau laiinnya, dari kultur satu ke kultur lainnya tanpa mengeluarkan biaya untuk membuat passpor" bukanka itu sesuatu yang terdengar mengasyikkan?? ya,, tentu saja... tidak cukup jari tangan dan kakiku(di tambah jari tangan bapak ibu maupun adikku) untuk menghitung keberagaman di Indonesia...Lalu aapa yang bisa menyatukan perbedaan itu?? Tidak lain dan tidak bukan adalah KEINDAHAN. Bagaikan salad buah yang diramu sedemikian lezat dan bergizi tinggi. Untuk yang tidak suka melon tak perlu khawatir,, untuk yang tak suka jeruk tak perlu khawatir,, untuk yang tak suka apel atau pepaya, atau bahkan pisang juga tak usah cemas,, karena saat buah-buahan itu diiris kecil dan dicampur mayonaise, keju dan susu maka semuanya akan melumer dan indah terasa di lidah.. dan semua akan menyukainya. saya jamin.... Jadi kawan..... Perbedaan itu indah kok....
Jauh di Mata dekat di Hati (Kapurung)

Saya tidak pernah tau dan tidak pernah menyakan mengapa kapurung menjadi makanan khas dan favorit masyarakat Luwu, Sulawesi Selatan dan sekitarnya. Saya tak pernah menduga semua lidah menyukainya. Lidah jawa,, lidah sunda,, lidah batak,, lidah padang, lidah manado,,.. satu-satunya yang saya tau adalah,, makanan itu terbuat dari sagu,, dan apakah sagu tumbuh di sulawesi selatan juga?? nah,, ini juga yang saya belum tahu... kalo sesuai mata pelajaran IPS pas SD dulu,, sagu berasal dari wilyah timur indonesia,, Maluku,, Irian n sekitarnya lahh... namun makanan olahan sagu ternyata diminati mulai dari ujung barat indonesia!!! waww!!waww!!! jadi tiap makan kapurung,, pasti saya ingat maluku,, Irian dan wilayah-wilayah timur Indo,, jadi ingat saudar-saudara sebangsa dan setanah air di sana dan dalam hati berterimakasih pada mereka..."Terimakasih Tanah kalian telah menghasilkan bahan baku untuk membuat makanan seenak ini(sambil meneteskan air mata terharu..hikksss)" Saudara ku sebangsa dan setanah air,,,(Terutama Wasior n sekitarnya) meski kalian jauh,, kalian tetap dihatiku... dukamu adlah duka kita semua!!!"


Kenyataan Tak Pernah Seindah Reputasimu (Stroberry)

semua orang suka sstroberry,, mulai anak2 sampe nenek2... mulai dari cewe.. cowo hingga yang gendre nya tidak bisa didefinisi,, mulai dari manusia hingga....terusin sendiri laahhh). stroberry lambang sesuatu yang manis,, romantis dan magis(hahahah). Tapi bagi saya,, semua reputasi stroberry itu luluh lantak di lidahku saat organ paling saya syukuri karena diberi oleh Tuhan dengan begitu sempurna bernama LIDAH mengecap rasa asam menyengat yang luar biasa.. Stroberry dengan reputasi baik dan penampilannya yang sok cantik itu hancur sudah... Kau asam sekali.. dan saya tidak akan pernah lagi mau memakanmu tanpa diolah terlebih dahulu...!jadi kawan,,, pelajaran yang bisa diambiladalah Be Yor Self!! Jangan pura-pura menampakkan sifat dan sikap yang sama sekali tidak mencerminkan dirimu... karena mangembalikan uang yang kau pinjam itu jauh lebih mudah dibanding mengembalikan reputasimu kalau sudah terlanjut buruk!!(:P)


Inovasi Dan Motifasi Seindah Keripiki Pisang Coklat

salah satu buuah yang paling tidak saya suka adalah Pisang, kecuali untuk beberapa kondisi :
-lapar bangettt
-pisangnya diolah menjadi sesuatu yang lebih manusiawi untuk dimakan such as,, pisang goreng,, kolak pisang,, banan split,, keripik pisang dan sebagainya.

Nah,,, mari kita bahas olahan pisang paling digemari rakyat indonesia.... Let say Keripik Pisang!!!.. Tadi saya iseng ke toko dan tertarik membeli keripik pisang rasa coklat... hmm (saya bukan peminat coklat) tapi dengan membeli kripik pisang coklat maka saya dapat mengunyah 2 hal yang saya tidak terlalu suka (baca : pisang dan coklat) dengan sangat nikmat.. lol.... betapa inovatifnya penemu kripik pisang coklat ini... menyajikan dua sensasi olahan makanan sehingga menjadi suatu cita rasa unik.. seprti menggigit coklat yang gurih berasa pisang,, seperti menggigit kerpikik pisang yang beraroma coklat.. Mantap!!! hahah.. bayangkan jika kita memilki motifasi dan semangat inovasi yang dapat meramu dua hal yang awalnya sangat bertentangan menjadi sesuatu yang baru dan menarik pasti akan lebih bermanfaat untuk kemanusiaan... Dijamin!!


Kejutan Kecil Dibalik Tampilan Lembutmu (Donat Gula isi Selai Bluberry)

saya bingung menamai roti yang kerap saya beli,, dan hanya saya jumopai di toko ini. Mari sebut makanan ini donat. meski tidak berlubang. Dibalut gula halus yang putih bersih, tampak lezat dengan tampilan apa adanya itu. Tapi siapa sangka,, saat digigit,, melumerlah selai blue berry dari dalam kelembutan roti dan manisnya gula halus. Agak asam dan menggelitik lidah. sungguh sensasi yang unik... Berpikir,, ingin jadi seperti donat ini... selalu ada kejutan manis dibalik sikap-sikap yang sering ditampilkan... pasti hidup lebih berwarna.. bagaimana menciptakan kejutan itu??? dengan perkaya diri,, perkaya wawasan.. perkaya bathin... Mungkin tak perlu melulu selai blueberry,, suatu saat kau bisa memberi kejutan semenyegarkan selai semangka,, atau segurih selai kacang untuk orang-orang sekitarmu...:)

0 comments:

Post a Comment