Tuesday, November 14, 2017

Acceptance


Apakah akan ada relevansi antara judul dengan isi tulisan saya nanti?  Entahlah,  tapi ingin sekali menuliskan acceptance itu sebagai judul ๐Ÿ˜€๐Ÿ˜€




Saya sudah ingin menulis ini beberapa hari yang lalu.  Tapi,  yah begitulah....

Jadi ini adalah sebuah perubahan yang terjadi dalam diri saya. Saya tidak berubah jadi sailor moon atau spiderwomen dalam hal ini. Perubahan saya sederhana sekali dan cenderung tidak tampak. Saya hanya berubah menjadi lebih tenang dalam menghandle emosi saya.

Saya percaya energi, apapun bentuknya,  positif maupun negatif akan menular. Saya juga percaya seorang anak dapat merasakan energi yang memancar dari tubuh ibunya. Itulah mengapa kalau makemak lagi galau biasanya anaknnya rewel.  Anak rewel mak tambah galau.  Mak makin galau anak makin rewel.  Jadi efek bola pingpong yang tidak akan ada selesainya.  Yang ada Mak sama Anak capek sendiri dimangsa oleh energi negatif.

Sebelum ini saya menghadapi Ahmad,  anak lelaki saya yang berumur 2.5 tahun dengan energi negatif yang meluap-luap. Ketika jam pulang kantor tiba saya sudah lelah duluan memikirkan harus menghadapi Ahmad dengan keaktifan khas anak kecil yang serasa tak pernah ada capeknya. Kalau pulang kantor dia sudah tidur rasanya saya lega banget.

Begitupun saat bangun di pagi hari.  Berkejaran dengan waktu untuk tiba di kantor on time sementara keperluan Ahmad lumayan banyak yang harus diurusin. Akibat kurang bisa menghandle emosi,  saya kerap mencubit Ahmad kalau dia mulai bertingkah kelewatan.

Baca :


Saya selalu merasa lelah.  Ibu macam apa saya ini sebenarnya.  Banyak mengeluh dibanding bersyukurnya?

Lalu kemudian suatu hari,  saya mulai merasa ada jarak yang begitu renggang antara saya dan Ahmad.  Tiap kali bilang "Sayang Ibu dulu"  Ahmad terang-terangan menolak.  Kalau saya yang nyosor cium,  dia akan mengelap pipinya.  Duh,  sakit banget hati hayati.  Terlebih kalau Ayahnya yang minta cium Ahmad mau-mau aja.  Hiks.. Hiks..

Lalu saya berpikir tentang konsep energi menular ini.  Saya coba menata hati saya beberapa jenak sebelum pulang kantor. Saya tanamkan dalam pikiran saya bahwa saya rindu dan ingin bermain-main dengan Ahmad sepulang kantor.

Saya pulangkan memori saya yang merekam ekspresi serta tingkah polah lucunya.  Kemudian saya berjanji untuk tidak akan memarahi,  membentak apalagi mencubit jika dia melakukan kesalahan-kesalahan.  Sebisa mungkin saya harus menahan diri.

Alhamdulillah,  ketika sudah mulai menata hati,  saya bisa menghadapi Ahmad dengan lebih tenang.  Kalau dia main air sampai tumpah membasahi lantai saya akan mengepel lantai itu sambil ngomong dalam hati 'lumayan keringatan malam-malam ngepel.  Hitung-hitung olahraga'.  Kalau dia minta ditemani main lempar tangkap saya juga akan berpikir "lumayan nih olahraga." Saya mencoba untuk tetap bersikap positif.
Saya selalu meladeni Ahmad dengan segala gerak gerik gesitnya hingga tak jarang saya yang ketiduran duluan lalu dia akan menyusul tidur di samping saya atau akan ke kamar Omanya. 

Di pagi haripun demikian. Jika biasanya saya ngomel-ngomel sambil memohon agar Oma saja yang mandikan Ahmad,  sekarang saya berusaha memandikan dia. Sambil sekalian saya juga mandi. Saya menanamkan dalam pikiran saya bahwa mandi bersama ini bisa jadi salah satu sarana bonding.

Belum terhitung sebulan saya melakukan perubahan kecil ini namun dampaknya begitu nyata terlihat.  Ahmad sudah biasa menyium saya ketika saya minta.  Ahmad akan menyodorkan pipi tembemnya dengan sukarela tanpa perlu saya sosor. Kadang-kadang dia lebih memilih saya dibanding Ayah atau Omanya. 

Saya ingin terus berada dalam atmosfer yang seperti ini. Ujung-ujungnya acceptance - penerimaan ini memang harus benar-benar dijalani. Ketika belum menikah dulu saya bisa saja main kesana kemari.  Balik kos untuk tidur saja.  Bermalas-malasan dan bangun pagi kalau ada kelas saja.  Dulu waktu belum punya anak saya mungkin bisa kencan sama suami kemanapun jam berapapun tanpa kepikiran ada yang ditinggalkan di rumah,  ataupun kalau Ahmad dibawa, kepikiran kalau kemalaman bisa masuk angin.

Penerimaan demi penerimaan akan membuat kita lebih ikhlas menjalani peran sebagai istri atau pun ibu,  atau apapun peran yang sedang kita lakoni saat ini.  Ketika sudah ikhlas maka energi positif akan memancar dari diri kita dan percayalah bahwa hal itu bisa sangat mempengaruhi lingkungan kita.

Cmiwwww ๐Ÿ˜€๐Ÿ˜€๐Ÿ˜€

3 comments:

  1. Jadi mak... sehat dong sekarang, kan banyak "olahraga", hhee...

    Cemungud mak ๐Ÿ’ช๐Ÿ’ช๐Ÿ’ช

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wuiihhh... Sehat banget, Ci. Berat badan sampe naik tak terkontrol๐Ÿ˜…

      Delete
  2. Masyaallah..bener banget mak, been there๐Ÿ˜…

    ReplyDelete