Saturday, January 7, 2017

Tumbuh Kembang Anak ; Jangan Dibanding-bandingkan.


Hari ini Baby Ahmad berusia 1 tahun  8 bulan lebih beberapa hari, apa saja yang sudah bisa Ahamd lakukan? Coba saya ingat-ingat dulu. Oke, mari saya jabarkan. 

Baby Ahmad

Di usia sekarang Ahmad sudah bisa :
1. Berhitung sampai 10.

2. Menyambung lagu. (Dalam hal ini adalah lagu yabg sering didengar.

3. Berjalan, berlari. 

4. Giginya sudah (kalau tidak salah) 12 biji.

5. Sudah tahu kegunaan beberapa benda.

6. Sudah tahu beberapa nama buah.

7. Sudah tahu 3 di antara rukun iman 😊. (Agama, Tuhan, Nabi dan Kitab).

8. Sudah bisa membedakan dan mengungkapkan rasa pahit, manis dan pedis.

9. Sudah tahu nama Ayah, Ibu, Opa, Oma.

10. Sudah tahu beberapa nama hewan dan menirukan suaranya.

Apalagi ya? 

Itu saja dulu beberapa yang terlintas di kepala. 

Saya menulis ini sebenarnya sebab beberapa waktu lalu saya membawa Ahmad ke kantor karena ada lembur di hari libur. Di sana ada teman saya yang jadinya baper karena anaknnya yang seusia Ahmad dirasa terlalu pendiam. Dia sampai berpikir akan membawa anaknya ke dokter anak untuk memeriksa tumbuh kembangnya.

Saya paham rasa khawatir teman saya itu. Saya juga sering ditimpa perasaan seperti itu dulu. Iya, dulu waktu awal-awal punya baby.

"Anaknya si ini sudah bisa begitu loh. Kok Ahmad belum?"

"Anaknya bu ini sudah tumbuh gigi, kok Ahmad belum?"

Rasanya jadi cemas dan khawatir sendiri. Apakah ada yang salah dengan Ahmad?

Lalu saya mencoba berpositif thinking karena sebelum ini telah begitu banyak membaca artikel tentang tumbuh kembang anak. Tentang ketidak bolehan kita membanding-bandingkan antara satu anak dan lainnya. Tiap anak berbeda. Antara kakak dan adikpun bisa berbeda.

Berikut akan saya sertakan ilustrasi tumbuh kembang anak yang saya dapat dari rumah sakit waktu lahiran Ahmad dulu. Ada banyak teori tentang tumbuh kembang anak sebenarnya di internet. Tapi dulu saya sering pakai yang di buku Ahmad biar gampang dan tidak perlu repot-repot browsing.






Nah, jika perkembangan anak kita sekarang jauh melenceng dari teori yang dipaparkan oleh ilustrasi di atas, bolehlah kita merasa khawatir dan segera menemui ahlinya.

Begitu ya, Mom (Tiba-tiba blog ini temanya jadi parenting 😅).

0 comments:

Post a Comment