Thursday, January 12, 2017

Buat yang Hobi Menulis, Temukanlah Komunitasmu!


Gambar dari sini

Sore-sore.

Masih di kantor. 

Memanfaatkan fasilitas wi-fi kantor demi menulis blog tidak apa-apa kan ya? heheh.

Jadi, untuk mengejar ketertinggalan kaidah One Day One Post di mana seharusnya saya berkewajiban memposting 1 postingan setiap harinya, yang belakangan ini mulai susah diikuti ritmenya, maka saya bela-belain lah pulang sedikit lebih lama demi bisa kejar 1 postingan dulu.

Di postingan yang tak kalah random hari ini (namanya juga Memoar Random. Hoho) saya ingin menghimbau kepada seluruh penduduk bumi yang suka menulis untuk mencari komunitas yang dapat menunjang hobi tersebut. Ingat, menulis itu adalah hobi yang dapat menekan tingkat stres seseorang loh. Tidak percaya? Pernah mendengar, membaca atau menonton film Habibie-Ainun? Film itu adalah manifestasi buku yang ditulis oleh Pak B.J Habibie untuk mengatasi rasa dukanya sepeninggalan istri tercinta. Psikolog (atau psikiater atau dokter) Pak Habibie sendirilah yang menganjurkan beliau untuk me-realese ke-stres-an Pak Habibie dengan jalan menuangkan kenangan-kenangan tentang Ibu Ainun ke dalam sebuah tulisan.

Sekarang lihatlah apa yang bisa dihasilkan oleh orang yang tengah berduka cita melalui tulisan?

So, dapat disimpulkan, menulis itu bukanlah hobi sembarang hobi. :)

Nah, saya juga pernah mendengar kutipan seperti ini entah darimana "untuk menulis bisa dilakukan sendiri, untuk menjadi seorang penulis butuh orang lain". Saya mengartikan orang lain dalam hal ini adalah komunitas. Bayangkanlah betapa menyenangkannya jika kamu bisa berada di sekeliling orang-orang yang juga punya hobi sama denganmu. Saling support ketika jenuh, saling memberi informasi, saling memberi hadiah (jika kamu menang kuis yang diadakan oleh anggota lain dalam komunitasmu. Heheh)

Apa tujuan saya menulis? Dulu sih, untuk mendapat uang dan popularitas. Hahahah, greedy banget ya saya jadi orang. Ketika tulisanmu di muat di media cetak ataupun elektronik maka kamu akan mendapatkan keduanya. Iya, uang dan popularitas itu. Uang sebagai honor, popularitas sebagai credit yang akan semakin mengibarkan namamu dalam dunia kepenulisan. 

Kelak, jika karyamu terlalu sering muncul di media, maka editor tidak akan lagi memusingkan tema apa yang sedang kau angkat, tanda baca apa yang luput kau letakkan, kelebihan berapa karakter tulisanmu, melainkan akan langsung memuatnya dan senang ada penulis kaliber mengirimkan tulisan pada mereka. Ya, itu konsekuensi kalau bisa terkenal lewat tulisan. Dan itu kayaknya angan yang masih jauuuuuuuh sekali dari relaita saya saat ini. :P

Pada kesempatan kali ini saya ingin memberikan informasi tentang komunitas menulis yang saya ikuti. Dikarenakan keterbatasan waktu (saya memang sok sibuk) seluruh komunitas menulis yang saya ikuti adalah komunitas menulis online. Ada beberapa kelebihan dan kekurangan menjadi member pada komunitas menulis secara online, namun saya tidak hendak membahasnya sekarang. 

Nah, berikut adalah komunitas menulis yang saya ikuti :


1. KOMUNITAS BISA MENULIS (KBM)

Komunitas menulis yang didirikan oleh Asma Nadia dan Isa Alamsyah (suami). Berbasis facebook dengan anggota lebih dari 160.000 (wow!). Tahu Asma Nadia kan? apa? belum tahu? coba googling dari sekarang ya.



2. One Day One Post

Komunitas menulis yang mewajibkan anggotanya untuk memposting 1 tulisan setiap hari di blog. digagas oleh Bang Syaiha, seorang penulis, seorang guru, seorang ayah. Komunitas ini berbasis web dan Whatsapp.

Link web One Day One Post :http://onedayonepost.org/

Untuk gabung, colek Bang Syaiha di : http://www.bangsyaiha.com/


3. LovRinz and Friends

Komunitas menulis sekaligus penerbit berbasis fb. Didirikan oleh mbak Rina, pemilik penerbitan bernama LovRinz. LovRinz ini sendiri sudah mencetak buku-buku dengan berbagai tema.

   

4. Kumpulan Emak Blogger (KEB)

Komunitas yang menghimpun wanita-wanita di seluruh Indonesia tanpa batasan usia dan status dan suka menulis, untuk berkumpul dan berbagi menjadi lebih baik.

Ini sedikit penjelasan yang saya ambil dari blog resmi KEB :

"Kumpulan Emak Blogger  atau yang biasa disebut KEB adalah komunitas blogger perempuan Indonesia. Anggotanya terdiri dari ribuan blogger perempuan dari berbagai komunitas blogger Indonesia, baik yang berdomisili di dalam maupun di luar negeri"

WOW ! Sampai di luar negeri juga ternyata jangkauannya.

Link Kumpulan Emak Blogger : http://emak2blogger.com/


Sampai dengan ketika menulis ini saya baru mendapat approval melalui email untuk mengonfirmasi bahwa permintaan untuk join saya diterima. Tapi, masih ada beberapa langkah lagi yang saya lakukan untuk bisa resmi bergabung. 

Doakan saya bisa diterima yaaaa! 


Nah, itulah seluruh komunitas-komunitas menulis yang saya ikuti. Kalau kamu?


2 comments:

  1. Salut ma mba Sabrina, masih nyempat2in nulis walau aktivitas bejibun ....

    Btw, itu judulnya memang Komintasmu, salah ketik apa memang model baru y

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wahhh, mbak Raida...kalau saya sih sok sibuk saja...hahahha

      Oh iya, itu typo. Sudah saya edit mbak. Terimakasih.. ๐Ÿ˜๐Ÿ˜๐Ÿ˜

      Delete