Sunday, February 10, 2013

Kreativitas Tiada Batas

Jenuh dengan pekerjaan kantor belakangan ini... :'(

Nonton Kick Andy kemarin malam dan sedang membahas tema yang sama dengan judul postingan saya kali ini :D yippieee... KREATIVITAS TIADA BATAS....!!!

Kalo disuruh memilih ingin menjadi orang yang kreatif atau orang kaya, saya lebih pilih jadi orang kreatif. Orang kreatif bisa jadi kaya dengan menjual kreativitasnya, orang kaya belum tentu bisa serta merta jadi kretif meski harus menjual seluruh hartanya ..ya ga sihh??


Dan saya sangat saluut dengan orang-orang kreatif itu. Sebagian besar dari mereka sangat humble. Mereka kreatif, inovatif dan selalu berbagi dengan sesama :D

Mari, saya perkenalkan beberapa orang kreatif yang menginspirasi saya :D

1. Sembilan Matahari

Saya tahu soal komunitas ini dari Kick Andy! yang saya tonton semalam. Apa itu Sembilan Matahari dan apa yang mereka lakukan?. Mereka adalah sekumpulan anak muda yang tertarik dengan yang namanya Video Mapping. Saya sendiri pun baru tahu istilah Video Mapping itu. Menurut Wikipedia, Video Mapping merupakan sebuah teknik yang menggunakan pencahayaan dan proyeksi sehingga dapat menciptakan ilusi pada objek-objek. Sederhananya, dengan teknik multimedia ini, maka sebuah objek semisal gedung, bisa dibuat seolah-olah runtuh atau terbakar

Gedung Fatahilah yang seolah-olah runtuh.

Picture was taken from here

Sebuah teknik penyinaran yang canggih di tembakkan ke permukaan bangunan gedung fatahilah dan menghasilkan efek yang seolah-olah runtuh. Inilah yang dilakukan oleh komunitas Sembilan Matahari. Berawal dari minat sekarang kreativitas mereka dibayar mahal.

2. Katun Ngampus

Mungkin sebagian besar mahasiswa sudah familiar sama Kartun Ngampus dengan jargon "mukee gilee" - nya itu. Penggagas kartun ngampus ini adalah seorang mahasiswa asli Indonesia bernama Shiro- yang sepertinya- masih berkutat sama skripsi. hhahha..Idenya sederhana. avatar-avatar kartun ngampus juga sederhana. Tapi seringkali kesederhanaan menciptakan sesuatu yang brilliant! Kartun ngampus hadir dalam bentuk komik yang siapa saja bisa membuatnya, bahkan si Bang Shiro - penggagas kartun ngampus ini dengan senang hati berbagi ilmu cara bikin kartun ngampus ke fans-fans nya..hehehhe.

salah satu komik buatan Bang Shiro.
picture was taken from here

Nah, si Shiro ini juga mengajak fans-fans Kartun Ngampus untuk sama-sama belajar membuat komik. Tutorial dan avatarnya bisa di download di blognya Shiro. Dan ternyata buat bikin komik ga sesusah itu ko'...hehhehe... Ini salah satu master piece saya setelah mendownload tutoial dari blog nya abang Shiro. :P

komik perdana sayaa :D
Kalo saya saja bisa bikin kenapa kalian tidak? hehhehe... sekarang fans nya kartun ngampus di fanpage sudah menembus angka 130 RIBU jiwa! Shiro melihat ini sebagai peluang bisnis dan mulailah dia mengembangkan "Kaos Mahasiswa"(bakal menyaingi joger nih!)

salah satu desain kaos
picture was taken from here

Yang minat order "Kaos Mahasiswa" bisa langsung ke http://www.ngampusaja.com/


3. Maccazart Indiebooks

Kebetulan penggagas Maccazart Indiebooks ini adalah salah satu senior saya di UNHAS. Berawal dari ketertarikannya pada buku, dia membuka sebuah tempat penyewaan buku dengan konsep yang unik dan gak ada duanya. "delivery order".  Yup,inilah pertama dan satu-satunya (semoga saya ga salah) tempat sewa buku yang pake sistem delivery order macam pizza...hehhehe.. Kita bisa dapat list bukunya di fanpage facebook dan kalo mo pinjem tinggal sms-in si admin dan buku diantarkan ke alamat kita. kalo mau balikin buku juga tinggal sms admin. Jadi tidak perlu repot-repot datang ke tempat sewa bukunya.. what a simple way to rent, Right?! hehhe...

Picture was taken from here
Dengan koleksi buku yang lengkap dan pelayanan yang tanggap, kini Maccazart Indiebooks sudah punya beberapa cabang yang tersebar di seantero Sulawesi Selatan (Padahal baru dirintis kurang lebih setahun) dan sedang dalam rangka menyiapkan franchise untuk beberapa kota di luar Sulawesi Selatan.

Bagi yang ingin gabung silahkan join ke https://www.facebook.com/macazzartindiebooks


Masih banyak ide-ide kreatif di luar sana ! Hal-hal kreatif tersebut bisa saja muncul dari minat, hobi atau lamunan kita...hehehhe.. atau bisa juga datang dari orang-orang yang yang menginspirasi seperti yang sudah saya ceritakan di atas. 

yang pasti,, KREATIVITAS itu...TIADA BATAS!! :DD

1 comment:

  1. Waw waw waw.. nice info nice artikel, Mbak... cuss ahh ke laman webnya. Tengkyu yaaa...^^

    ReplyDelete