Wednesday, May 10, 2017

Blog yang Tematik



Blog saya ini, sesuai namanya, isinya benar-benar random yang didominasi dengan curhatan tidak jelas khas perempuan dengan mood swing yang parah. 😁😁

Lalu suatu ketika saya ngobrol dengan seorang teman tentang proyek menulis kecil-kecilan. Menulis tentang pekerjaan saya di kantor dengan bahasa yang ringan sehingga dapat dibaca oleh orang yang awam sekalipun.

Tercetuslah sebuah ide untuk menambah 1 tag dalam blog saya yaitu Balada Analis Kredit (BAK).

Baca awal mula BAK di sini :

Nah, demi totalitas dalam menulis BAK ini saya memesan sticker lucu dengan harga Rp.350.000/pack di Mbak Nahla. 1 pack isinya 6 biji dan saya puas banget sama hasilnya.

Saya mulai buat postingan dengan tagging BAK dan share di grup WA One Day One Post serta facebook dan saya sama sekali tidak menyangka respon pembaca sangat positif.

Saat ini sudah ada 4 postingan dengan tag BAK dan keempat-empatnya mendatangkan jumlah view yang luar biasa selama empat hari ini.

Lihat yang di sisi kanan gambar mata menunjukkan jumlah view masing-masing postingan.

Dari gambar di atas, bisa dibandingkan jumlah view ke empat postingan teratas saya yang ke empat-empatnya memiliki konsep yang jelas, dengan postingan sebelumnya yang temanya random.


Saya ingin bilang jangan melemahkan kekuatan media sosial untuk mempromosikan tulisan kita. Postingan saya ini di share tidak lebih dari 10 kali  di facebook namun sudah memberikan damapak yang luar biasa. Jika saya bandingkan dengan postingan saya yanh plain, untuk jumlah view segitu saya butuh mungkin setahun mungkin lebih. Dan dalam empat hari, ke empat postingan saya itu masuk dalam jajaran popular post di blog saya mengalahkan postingan saya dari tahun 2013 ....hwaahhhhhh


Langsung masuk popular post hanya dalam 4 hari.


Selain menggunakan kekuatan media sosial, saya jadi berpikir apakah konsep yang memiliki tema seperti ini lebih banyak mendatangkan pembaca? Saya jadi berpikir untuk membuat blog saya menjadi tematik. Parenting kah? Food blog kah? Travel blog kah? Blog untuk menulis fiksi saja kah? Atau saya tetap menulis sesuai dengan apa yang ingin saya tulis saja kah? 

Bagaimana menurut pengalaman teman-teman?

7 comments:

  1. Jadi kok sepertinya blognya bagus dikasih tujuan.gitu ya kak. Untuk apa buat blog. Sayangnya kadang aaraa masih bingung mengklasifikasi tulisan kak ...

    Dan.hal terbanyak yang ada di.blog adalah fiksi

    ReplyDelete
    Replies
    1. Saya juga masih bingung Aara. Ini baru wacana saja sih. Juga tidak berniat membuat blog ini jadi tematik. Tapi who knows..haha

      Delete
  2. Replies
    1. Kamu juga keren, Ian...πŸ˜†πŸ˜†

      Delete